OM SVASTI ASTU SELAMAT DATANG DIBLOG MITA WAHYUNI

Minggu, 25 November 2012


CIRI DAN KLAFIKASI MAHLUK HIDUP



  • Bergerak  ; semua mahluk hidup dapat bergerak, pada manusia disebut alat gerak. alat gerak dapat berupa kaki, sirip, dan sayap.

  • Makan     ; makanan berfungsi untuk menghasilkan energi pertumbuhan dan mengganti sel yang rusak. air berfungsi sebagai zat pelarut didalam tubuh. tumbuhan hijau dapat menyusun makanannya sendiri dari air dan karbon dioksida dengan bantuan sinar matahari melalui proses fotosintesis. karena kemampuannya untuk membuat makanan sendiri, maka tumbuhan disebut mahlik hidup autotrof. mahluk hidup juga ada yang bersifat heterototrof, yaitu mahluk hidup yang menggunakan bahan organik sebagai sumber makanannya.

  • Peka terhadap rangsang ; rangsangan dapat berupa cahaya panas, dingin, bau dari gas, gravitasi dll. manusia dan hewan menggunakan indra untuk mengenali adanya rangsangan.

  • Bernafas    ; merupakan proses pengambilan oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan gas karbon dioksida dari tubuh. oksigen digunakan untuk mengubah zat makanan menjadi energi secara kimiawi. energi yang dihasilkan digunakan untuk barbagai aktifitas tubuh. manusia dan hewan yang hidup didarat bernafas dengan paru-paru, hewan air tentunya bernafas dengan insang. tumbuhan bernafas untuk mengambil oksigen melalui lubang-lubang kecil pada daun yang disebut stomata dan lubang'' kecil dibatang disebut lentisel.

  • Tumbuh     ; semua mahluk hidup mengalami pertumbuhan mulai dari kecil hingga besar, dari bayi hingga dewasa, dan tumbuh tinggi.

  • Exskresi    ; pengeluaran zat sisa oleh mahluk hidup sangat diperlukan. zat sisa bersifat racun sehingga bila tidak dikeluarkan akan mengganggu kinerja tubuh. contoh zat sisa; urin, uap air, karbon dioksida, air dan garam mineral.

  • Berkembang biak; tujuan mahluk hidup berkembang biak adalah melestarikan jenisnya. perkembangbiakan dapat terjadi secara kawin (generatif) dan tak kawin (vegetatif). reproduksi ganeratif merupakan reproduksi dengan cara meleburkan sel" telur dengan sperma. reproduksi vegetatif merupakan reproduksi tanpa adanya peleburan sel telur dan sperma. melainkan melalui pertunasan, stek, pembelahan diri dan umbi.

  • Beradaptasi   ; mahluk hidup perlu beradaptasi untuk melangsungkan hidupnya, agar dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungannya..



sumber; buku biologi dan menurut penjelasan dari guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar