OM SVASTI ASTU SELAMAT DATANG DIBLOG MITA WAHYUNI

Minggu, 25 November 2012

PELESTARIAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

keanekaragaman hayati

    di indonesia merupakan salah satu keanekaragaman hayati tertinggi didunia. dikarenakan indonesia beriklim tropis, tanah nya subur dan memiliki curah hujan yang tinggi. tetapi seiring dengan bertambahnya jumlah manusia dan meningkatnya aktifitas manusia, banyak hewan atau tumbuhan yang mulai langka bahkan punah. 

penyebab kelangkaan hewan dan tumbuhan

  1. tingkat reproduksi yang rendah
            yaitu pada hewan yang masa kehamilan lama dan jumlah keturunan yang dilahirkan sedikit. contoh; gajah, harimau, dan badak.

      2. bancana alam
             menyababkan kerusakan ekosistem bahkan punahnya organisasi tertentu, seperti tsunami diaceh dan meletusnya gunung krakatau.

      3. aktifitas manusia
            dapat merusak ekosistem dan bahkan mengakibatkan kelangkaan dan kepunahan organisme tertentu.
 contoh; perburuan hewan secara liar, penebangan hutan secara liar

usaha-usaha pelestarian keanekaragaman hayati

  1. memperkenalkan hewan atau tumbuhan langka kepada masyarakat
  2. merehabilitasi dan mereboisasi lahan kritis yang dahulunya merupakan habitat yang cocok bagi tumbuhan dan satwa langka.
  3. pelestarian secara insitu(didalam habitat asli) yaitu melakukan pelestarian habitat atau lingkungan hidup organisme yang didalamnya terdapat keanekaragaman hayati yang cukup tinggi dan khas. kawasan ini berupa suaka marga satwa, cagar alam, dan taman nasional.
  4. exsitu(diluar habitat asli) yaitu melakukan koleksi dan penangkaran tumbuhan hewan langka diluar habitatnya. kawasan ini dapat berupa kebun binatang, dan kebun koleksi tumbuhan.
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar